Home » , » Berkunjung ke Coban Pelangi Malang

Berkunjung ke Coban Pelangi Malang

on Friday, November 11, 2016 2:19 PM

Air Terjun Coban Pelangi Malang mempunyai warna pelangi yang terbentuk dari hasil pembiasan cahaya matahari yang berbaur dengan cipratan air dari air terjun ini. Dan karena itu, coban ini di sebut dengan nama coban Pelangi. Biasanya pelangi kan muncul jika suasana cerah atau tidak mendung. Jadi untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan pelangi jangan perkirakan waktunya ya.

Terletak sekitar kurang lebih 32 KM dari arah kota Malang, berada di kabupaten Malang tepatnya di desa Poncokusumo. Perjalanan menggunakan mobil akan memakan waktu sekitar 3 jam. Dari arah malang silakan lurus ke arah tumpang hingga bertemu pertigaan, lurus ke arah poncokusumo jika belok kiri ke arah pagak. Ikuti jalan ke atas arah poncokusumo hingga masuk ke desa gubuk klakah dan terakhir anda akan menempui pertigaan Jemplang ke kanan terlihat gapura Air Terjun Coban Pelangi Malang dan untuk arah kiri anda memasuki jalan arah menuju kawasan Bromo dan Semeru.

Air Terjun Coban Pelangi Malang memiliki ketinggian sekitar 110 m dengan ketinggian wilayah sekitar 1400 mdpl. Lokasi ini mulai di rintis pada tahun 1986 oleh warga setempat, pada tahun 1989 barulah tempat ini di kelola oleh pihak perhutani. Untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung harus menempuh jarak sekitar 20 menit dari arah parkiran kendaraan, jalan berkelok naik dan turun akan mewarnai perjalanan Anda, tapi tenang alam akan membantu Anda memberi semangat melalui pemandangan yang mereka tunjukan seperti bukit bukit nan hijau atau langit biru yang berbaur dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh di sana dan lain lain, alunan musik suara burung yang berkicau juga akan memberi asupan semangat untuk menuju lokasi air terjun Coban Pelangi Malang, dan suara air terjun akan memberi Anda dorongan semangat untuk segera sampai di lokasi utama. Jangan lupa membawa air dalam perjalanan Anda. DI perjalanan kita juga akan bertemu dengan jembatan cinta, kenapa di sebut jembatan cinta?? Karena banyaknya pasangan muda mudi yang bergandengan tangan saat melintasi jembatan tersebut.

Jika Anda sudah melewati jembatan itu maka Anda sudah ada di setengah perjalanan. Anda juga bisa beristirahat di sungai di bawah jembatan bamboo yang biasa di sebut jembatan cinta ini. Biasanya sungai ini akan di gunakan para pengunjung untuk membersihkan diri setelah puas bermain air di coban pelangi. 10 menit lagi perjalanan start dari jembatan, dan Anda akan sampai di Coban Pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi Malang, kawasan ini di kelilingi oleh TN BTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ) yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. suhu yang ada di kawasan ini 19 – 23 derajat celcius. Coban ini berada di kaki gunung Semeru. Untuk para pengunjung di harap ekstra hati – hati jika turun mendekat dengan air terjun karena bebatuan di sini licin karena berlumut. Dan jika debit air meninggi di harap pengunjung tidak sampai mendekat di khawatirkan tertimpa longsoran tanah atau batu yang terbawa oleh air. Untuk perkiraan melihat pelangi saat cerah antara jam 10:00 – 14:00, jadi jangan lewatkan waktu itu ya.

Untuk fasilitas sendiri, di coban pelangi terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan : toilet, mushola, penginapan, bumi perkemahan, lahan parkir, warung untuk makan, tempat beristirahat dan pusat informasi. Saat panen Apel, hampir di setiap jalan pasti akan di temui orang berjualan Apel, bisa Anda jadikan untuk oleh – oleh.

Perpaduan Alam antara air dan tumbuhan seolah mendominasi kawasan ini menciptakan suatu panorama alam yang sangat menyejukkan dan memanjakan mata Anda. tapi perhatikan juga jika hujan deras turun untuk para pengunjung di harapkan segera meninggalkan tempat ini karena di khawatirkan terjadi banjir.

Jagalah Alam ini dengan sebaik mungkin untuk anak keturunan kita di masa depan, jangan sampai mereka menikmati hasil yang buruk karena kita yang tak bisa menjaga alam ini. jaga kebersihan, jangan merusak maupun mengotori Alam. Karena mereka harus kita lindungi.