Home » , » Rute dan Lokasi Coban Talun Kota Batu

Air Terjun Coban Talun Batu, wisata Air yang ada di kota Batu. Berjarak 15 KM dari Kota Malang dengan jarak tempuh 1,5 jam. Coban Talun b...

Rute dan Lokasi Coban Talun Kota Batu

on Friday, November 18, 2016 4:30 PM

Rute dan Lokasi Coban Talun Kota Batu
Air Terjun Coban Talun Batu, wisata Air yang ada di kota Batu. Berjarak 15 KM dari Kota Malang dengan jarak tempuh 1,5 jam. Coban Talun berada di Dusun Junggu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji kota Batu Provinsi Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian 75 M ini memiliki view yang sangat indah, dengan banyaknya batu batu besar yang ada di sekitar air terjun menambah kecantikan dari coban ini.

Untuk menuju ke Air Terjun Coban Talun Batu ini Anda bisa menuju ke arah Selecta atau Cangar, nanti akan ada petunjuk jalan berupa plang yang menunjukkan arah kesana. Jika dari Surabaya Anda bisa lewat trawas , pacet tapi tidak di sarankan Anda lewat jalur ini jika melakukan perjalanan malam karena tidak adanya penerangan yang cukup untuk jalur ini dan satu lagi karena jalan yang curam dan berkelok – kelok. Untuk Anda yang ingin kesana dengan kendaraan umum silakan ke terminal Landungsari dari sana bisa naik bus mini atau angkutan umum ke arah terminal batu. Dari terminal Batu naik angkutan umum tujuan sumber brantas dan Anda bisa bilang ke supirnya turun ke Air Terjun Coban Talun Batu. Dari situ Anda bisa jalan menuju lokasi, atau untuk Anda yang berkendaraan pribadi mohon berhati – hati karena jalannya tidak mulus karena jalan yang akan di lewati adalah jalan berbatu.

Dari titik permulaan perjalanan menuju lokasi air terjun Coban Talun Batu ini, kira – kira Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit untuk sampai lokasi. Untuk sampaipun Anda butuh tenaga ekstra karena medan yang tidak semudah menuju air terjun coban Rondo. Anda akan melewat jalan berlumpur, sedikit menurun jadi Anda juga harus ekstra hati – hati. Sebelum sampai akan ada pertigaan yang harus Anda pilih , jika Anda memilih mengikuti jalur berarti Anda berada di aliran sungai tempat mengalirnya air terjun coban talun batu ini, tetapi jika Anda belok ke kanan Anda bisa menikmati coban setinggi 75 M ini dari dekat. Untuk Anda yang ingin berlama – lama di lokasi air terjun ini silakan datang saat musim panas, jangan sampai datang waktu musim hujan karena selain medannya yang lebih licin dari biasanya Anda tidak bisa berlama – lama lantaran jika hujan turun wisatawan di harap meninggalkan lokasi karena di khawatirkan terjadi banjir.

Fasilitas yang di sediakan di tempat yang di kelola oleh pemerintahan kota Batu ini di antaranya ada kamar mandi, WC, persewaan tenda bagi yang ingin bermalam karena selain coban di kawasan ini juga terdapat bumi perkemahan, warung makan untuk mengisi tenaga, ada juga warung cinderamata untuk oleh – oleh.

Satu hal yang di sayangkan dari air terjun Coban Talun Batu adalah kurangnya perhatian dari pemerintah kota Batu, masih banyaknya perawatan fasilitas yang kurang untuk tempat ini. Jadi mohon untuk pemerintah kota Batu untuk lebih memperhatikan kawasan yang sangat indah ini. Dan untuk para pengunjung jangan merusak apapun yang sudah ada di sini, jangan mengotori, jagalah semua yang sudah di sediakan alam untuk kita. Selamat berlibur dan menikmati hawa pegunungan di air terjun Coban Talun Batu ini.

SHARE

0 komentar :

Post a Comment