Home » , , , » Lokasi dan Rute menuju Sumber Sira Malang

Panas? Gerah? Pengen Liburan? Coba saja berkunjung ke Sumber Sirah, tempat wisata terbaru Kota Malang yang bisa bikin ilang gerah! Iya, d...

Lokasi dan Rute menuju Sumber Sira Malang

on Friday, November 4, 2016 11:30 AM

wisata sumber sira malang
Panas? Gerah? Pengen Liburan? Coba saja berkunjung ke Sumber Sirah, tempat wisata terbaru Kota Malang yang bisa bikin ilang gerah! Iya, dengan berkunjung ke Sumber Sirah yang berlokasi di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang ini bisa kembali menyegarkan pikiran, menghilangkan penat dari rutinitas yang kadang membosankan.

Mungkin banyak yang belum tahu atau bahkan baru dengar keberadaan salah satu wisata terbaru di Malang ini. Sebenarnya nggak heran kalau ada banyak tempat wisata keren dan asik untuk fotografi Instagram di Malang. Karena Malang ini adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata yang instagram-able.

Sumber Sirah sendiri adalah sebuah wisata air terbaru yang berada di Malang Selatan. Daya tarik utama dari kawasan wisata Sumber Sirah sendiri adalah kolam atau wisata pemandian air tawar yang menawarkan kesegaran dan kejernihan airnya. Seperti di Umbul Ponggok atau Umbul Manten yang ada di Klaten, kalian bisa berenang disini.

Lagi-lagi, social media Instagram lah yang bisa membuat tempat wisata terbaru di Malang ini menjadi cukup dikenal oleh netizen. Dan kunjungan ke Tempat wisata Sumber sirah ini sepertinya juga ikut meningkat, setelah mulai banyak yang tahu keberadaannya.

Pun tempat wisata di Malang Selatan ini cukup menarik untuk aktivitas berenang, sebaiknya berhati-hati kalau kalian ingin berenang disini. Karena kedalamannya bisa mencapai sekitar 1,5 Meter. Akan berbahaya jika ada dari kalian yang nggak mahir berenang, tetapi nekat bermain air di Sumber Sirah.

Selain itu, buat kalian yang bisa berenang, jangan melompat ketika berenang disini. Selain karena berbahaya, kalian bisa membuat air menjadi keruh nantinya. Berenang dan nikmati saja keindahan tempat wisata ini dengan bijaksana. Karena kedepannya masih ada banyak teman-teman lain yang ingin menikmatinya juga.

wisata sumber sira malang

Nikmati keindahan air jernih di Sumber Sirah, termasuk pemandangan bawah airnya. Memang bukan terumbu karang indah layaknya di lautan yang bisa kalian lihat disini. Namun dengan airnya yang jernih, di dasar sumber air ini ada banyak tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau. Tumbuhan tadi tumbuh diantara pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil, lengkap dengan ikan yang juga ada disini.

Keberadaan tanaman ganggang disini juga membuat setiap pengunjung harus berhati-hati ketika berenang. Tumbuhan tadi cukup rapuh dan mudah patah. Kalau sudah parah, bisa bisa membuat air di Sumber Sirah menjadi keruh, dan pastinya kurang nyaman untuk berenang lagi bukan?

Sebaiknya kalian berenang dengan menyewa ban dengan tarif sewa seharga IDR 2000-5000, agar sensasi berenang disini makin menyenangkan. Kenakan juga baju renang yang nyaman, agar lebih aman dan nyaman ketika berenang. Namun perlu diingat, belum ada ruang ganti baju disini ya.

Rute Menuju Lokasi Sumber Sira Malang

Untuk ke lokasi Sumber Sirah, kalian bisa menuju kesana dengan memakai sepada motor atau mobil. Jika membawa mobil, kalian masih perlu berjalan kaki untuk mencapai Sumber Sirah dari tempat parki mobil.

Memang tempat parkir mobil ini tidak berada dekat dengan kawasan mata air, soalnya untuk turun ke lokasi, jalannya agak sempit. Tetapi tenang saja, jalan setapak menuju kawasan mata air cukup nyaman dilalui dengan berjalan kaki. Karena jalan yang ada sudah diberi paving block.

Jika kalian ingin libuan ke Sumber Sirah, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum dengan rute menuju tempat wisata terbaru Malang ini. Atau, kalian bisa menyewa sepeda motor dari Malang. Dari arah malang, kalian bisa berkendara menuju ke arah bululawang setelah itu kalian bisa menuju arah pabrik gula krebet dengan mengambil arah lurus. Dari sana nanti kalian akan menemui pabrik pioneer.

Pastikan setelah beberapa saat melewati pabrik pioneer kalian menenggok sebelah kanan jalan, ada dua pertigaan yang akan kalian lalui. Pertigaan pertama, lewati saja dan setelahnya lagi adalah pertigaan ke dua. Nah pada pertigaan kedua ini kalian bisa berbelok ke kanan Memasuki gerbang kecil, Wisata Sumber Sirah tak Jauh dari situ.

Sayangnya memang belum ada petunjuk jalan yang jelas, kalian disarankan untuk berjalan pelan-pelan agar tidak terlewat ketika masuk ke gang sumber sirah ini. Setelah masuk gang kalian bisa mengikuti jalan lurus sampai nanti jalan tersebut menyempit dan hanya berupa tanah. Jalanan menuju Sumber Sirah adalah paving block yang hanya bisa dilewati oleh sepeda motor atau pejalan kaki.

Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat kalau bingung. Atau, jika kalian punya smartphone dengan fitur GPS, kalian bisa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi wisata ini.

SHARE

0 komentar :

Post a Comment