Home » , » Pantai Modangan, Tiruan Hawaii di Malang

Pantai Modangan, Tiruan Hawaii di Malang

on Monday, November 7, 2016 2:35 PM

Pantai Modangan Malang
Pantai Modangan merupakan sebuah pantai yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar, tepatnya di Kecamatan Donomulyo 65 km arah barat Kota Malang. Ngalamers harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapai pantai ini karena letaknya yang terpencil dan sulit dijangkau. Untuk mencapai Pantai Modangan, Ngalamers harus melewati jalan yang berbatu serta berjalan kaki 30 menit menembus rimbunnya hutan. Di pantai ini juga tidak ada warung ataupun toilet, karenanya Ngalamers harus benar-benar menyiapkan perbekalan serta mental jika ingin berwisata ke Pantai Modangan. Namun bagi Ngalamers yang menyukai petualangan, tentunya perjalanan ke Pantai Modangan ini merupakan tantangan yang mengasyikkan.

Pantai Modangan menjadi tempat bermuaranya sungai Modangan ang menjadi pembatas alam yang memisahkan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Selain itu di tepi sungai Modangan terdapat tugu kecil sebagai pembatas antara kedua Kabupaten tersebut.Pasalnya pantai Mondang tersebut berhimpitan langsung dengan Pantai Jolosutro di Kecamatan Wates, Kabupaten Malang. Pantai Modangan ini memiliki pantai yang sangat indah dan alami, pasirnya yang putih yang masih bebas dari sampah ditambah dengan deburan ombak yang besar mengantam tebing-tebing karang, tampak semakin menambah keeksotisan pantai tersebut.

Begitu tiba di Pantai Modangan, Anda akan menemukan keindahan alam berupa pasir putih, pantai yang masih alami, ombak yang cukup besar, serta bebatuan warna hitam. Melihat sunset atau matahari tenggelam di pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Modangan. Keistimewaan Pantai Modangan ini adalah juga sering dijadikan tempat untuk melihat hilal (menentukan awal puasa dengan melihat posisi bulan).

Rute dan Lokasi Pantai Modangan

Selainnya ombakya yang besar dengan pasirnya yang putih, Pantai Modangan ini memiliki keunikan tersendiri pada batuan-batuan yang ada dipantai tersebut, yang memiliki struktur batuan berupa kapur. Tetapi batuan yang ada dilikasi pantai Modangan ini adalah Batuan brtjenis Batu Andesit berlapis yang terbentuk dari lelehan lahar Gunung Barapi yang telah membeku. Jika anda berkunjung ke Pantai Modangan ini, dijamin dech, anda pasti akan puas, dan ingin berlama-lama dipantai ini, untuk menikmati indahnya pantai lepas tersebut ditemani dengan deburan ombak dan juga pasir putihnya, menjadikan anda akan lebih betah dan nyaman di Pantai Modangan ini.

Rute dan Lokasi Pantai Modangan Malang

Jika anda ingin berwisata di lokasi Pantai Modangan ini, anda tidak perlu membayar tiket masuk, mungkin di karenakan pantai tersebut belum terlalu populer sehingga belum ada pos penjagaan dikawasan pantai Modangan. Akses untuk menuju ke Pantai Modangan ini tidak terlalu sulit, dari pusat kota Malang, anda bisa mengambil arah ke Kepanjen. Dari Kepanjen ke arah Bendungan Sengguruh, lalu lewati pertigaan Pagak, lalu ambil arah menuu Kec, Donomulyo, lansung mengambil arah kanan atau menuju arah Wates (Kabupaten Blitar). Jalan nya sudah beraspal mulus itupun hanyak sepanjang 1 Km, tapi sekitar 2 Km, sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang.

Sunset Pantai Modangan

Namun tak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto anda akan menemui sebuah pertigaan Pasar Ngelih, lalu beloklah kekiri dan mengikuti jalan desa yang jalannya rusak. Selepas itu anda akan menemukan perempatan Jalur Lingkar Selatan, ambil jalan lurus, namun jalannya penuh tanjakan atau kearah kanan. Jalannya sudah beraspal mulus sepanjang sekitar 1 km. Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang. Tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto ada sebuah pertigaan Pasar Ngelih, lalu berbelok ke arah kiri dan mengikuti jalan desa yang awalnya masih beraspal rusak. Dan setelah menemukan perempatan Jalur Lingkar Selatan itu kita bisa mengambil jalan lurus (jalannya penuh tanjakan) atau kanan.

Setelah berjalan 1 Km, anda akan menjumpai pos jaga kehutanan (Pos Miri), dikawasan tersebut anda akan menjumpai jembatan Miri disitu ada sebuah jalan menurun ke kiri, itu adalah jalan untuk menuju ke tempat wisata Pantai Modangan. Jarak antara jembatan Miri dan Pantai Modangan masih sekitar 800 M. Jalan turunan cukup curam, setelah melewati jembatan tersebut, didekat lokasi jembatan Miri ini terdapat persimpangan, dimana kedua persimpangan tersebut sama-sama menuju Pantai Modangan Malang.

Di kawasan Pantai Modangan ini, anda tidak akan menemukan warung yang menjual makanan atau minuman, jadi disarankan ketika ingin berwisata di Pantai Modangan ini sebaiknya membawa bekal sendiri dari rumah, dan belum terdapat fasilitas seperti Musholah dan Toilet umum.

Sebelum berangkat cari informasi sebanyak mungkin tentang Pantai Modangan ini.Tips bagi kalian yang akan ke pantai modangan. Usahakan kesehatan diri dalam kondisi prima, karena perjalanan cukup melelahkan, namun menyenangkan dan seru. Pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi baik karena jalan yang akan anda lewati masih makadam. Jika musim hujan tak di sarankan untuk ke pantai modangan ini, karena kondisi jalanan yang susah untuk di lewati. Jangan membuang sampah sembarangan, dan jagalah kebersihan pantai modangan malang.